Kamis, 20 Juni 2013

SURAT PERJANJIAN SEWA KIOS

SURAT PERJANJIAN SEWA KIOS


Kami yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama      : ILHAM PARINDURI
Pekerjaan : Pegawai Swasta
Alamat    : Jln. Karya Selamat Gg. Karya Selamat I No. 1-B
            Kel. Pangkalan Mansyur, Kec. Medan Johor
            Kota Medan
Untuk selanjutnya disebut --------------------- PIHAK PERTAMA

Nama      : YAKMALUDDIN
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat    : Jln. Letda Sujono Gg. Perwira No. 16 Kel. Tembung         
  Kec. Medan Tembung, Kota Medan
Untuk selanjutnya disebut ----------------------- PIHAK KEDUA


Kedua belah pihak dengan ini menerangkan bahwa PIHAK PERTAMA selaku pemilik sah telah setuju menyewakan kepada PIHAK KEDUA berupa sebidang tanah berikut kios yang terletak di atasnya di Jalan Karya Jaya No. 154 Kel. Pangkalan Mansyur, Kec. Medan Johor, Kota Medan.

Selanjutnya kedua belah pihak bersepakat bahwa perjanjian sewa-menyewa antara PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA ini berlaku sejak tanggal penandatanganan surat perjanjian ini. Adapun syarat-syarat serta ketentuan-ketentuan dalam surat perjanjian ini diatur dalam 10 (sepuluh) pasal, sebagai berikut :

Pasal 1

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah sepakat untuk menentukan harga sewa kios tersebut di atas dengan nilai sewa Rp. 5.500.000,- (lima juta lima ratus ribu rupiah) untuk jangka waktu 1 (satu) tahun terhitung sejak tanggal 3 Januari 2013 sampai dengan tanggal 2 Januari 2014.

Pasal 2

PIHAK PERTAMA menjamin bahwa kios yang disewakan tersebut di atas adalah hak miliknya dan bebas dari segala tuntutan hukum dan persoalan-persoalan yang dapat mengganggu PIHAK KEDUA atas penggunaannya selama jangka waktu berlakunya surat perjanjian ini.



Pasal 3

PIHAK KEDUA tidak dibenarkan sama sekali untuk mengalihkan hak atau mengontrakkan kios kepada PIHAK KETIGA tanpa izin dan persetujuan dari PIHAK PERTAMA.

Pasal 4

a. PIHAK KEDUA tidak dibenarkan untuk mengubah struktur dan instalasi kios tanpa izin dan persetujuan dari PIHAK PERTAMA.
Yang dimaksud dengan struktur dan instalasi  adalah sistem konstruksi yang menunjang berdirinya bangunan rumah tersebut, seperti: pondasi, balok, kolom, lantai dan dinding.
b. PIHAK KEDUA bertanggung jawab atas kerusakan struktur  sebagai akibat pemakaian.

Pasal 5

Dalam perjanjian sewa ini sudah termasuk hak atas pemakaian aliran listrik yang telah terpasang sebelumnya pada kios yang disewa. Selama jangka waktu kontrak berlangsung, PIHAK KEDUA berkewajiban untuk membayar semua tagihan-tagihan maupun rekening-rekening serta biaya-biaya lainnya atas penggunaanya. Segala kerugian yang timbul akibat kelalaian PIHAK KEDUA dalam memenuhi kewajibannya menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA.

Pasal 6

PIHAK KEDUA berkewajiban untuk menjaga kebersihan, keamanan, ketertiban dan ketenteraman lingkungan.

Pasal 7

Setelah berakhirnya jangka waktu kontrak sesuai dengan pasal 1 surat perjanjian ini, PIHAK KEDUA segera mengosongkan kios dan menyerahkannya kembali kepada PIHAK PERTAMA serta telah memenuhi semua kewajibannya sesuai dengan pasal 5 surat perjanjian ini.

Pasal 8
Apabila PIHAK KEDUA bermaksud memperpanjang masa penyewaan kios tersebut di atas maka minimal 2 (dua) bulan sebelum jangka waktu kontrak berakhir, PIHAK KEDUA harus memberitahukan terlebih dahulu kepada PIHAK PERTAMA.



Pasal 9

a. Hal-hal yang belum tercantum dalam perjanjian ini akan dimusyawarahkan bersama oleh kedua belah pihak.
b. Mengenai perjanjian ini dan segala akibatnya, kedua belah pihak bersepakat memilih domisili hukum yang tetap pada Pengadilan Negeri Medan.

Pasal 10

Surat perjanjian ini ditandatangani di Medan pada hari Kamis tanggal 3 Januari 2013 dan berlaku sejak tanggal tersebut sampai dengan tanggal 2 Januari 2014.

Demikian perjanjian sewa-menyewa ini dibuat rangkap 2 (dua) dan ditandatangani kedua belah pihak.


                                                                                                 
Medan, 3 Januari 2013


        Pihak Pertama,                    Pihak Kedua,
      






       ILHAM PARINDURI                  YAKMALUDDIN



1 komentar:

  1. Thanks atas Contoh dan formatnya sangat bagus, sangat membantu sekali.

    BalasHapus