Jumat, 05 April 2013

TIPS MENJAGA KESEHATAN WAJAH

TETAP tampil cantik saat musim hujan bukan hanya sekadar menggunakan baju dan riasan yang tepat, namun juga menjaga kecantikan kulit. Semakin dingin cuaca, makin besar kemungkinan kulit untuk menjadi kering. Kulit kering bukan hanya akan mengganggu penampilan Anda, namun juga akan menyebabkan kulit berisiko gatal-gatal dan iritasi. 

Untuk menjaga kecantikan kulit di musim hujan, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut.

1. Jangan terlalu lama berendam saat mandi pagi. Meskipun Anda menggunakan air hangat, berendam berlama-lama akan menyebabkan turunnya suhu di atas permukaan kulit, sehingga menutup pori-pori, dan pada akhirnya akan menyebabkan kulit lebih kering.

2. Hindari produk pembersih kulit atau kosmetik kulit yang bersifat keras seperti sabun, penyegar atau astringen yang umumnya beralkohol. Terlebih bagi Anda yang berjenis kulit kering. 

3. Setelah mandi, keringkan kulit dengan menepuk-nepuknya menggunakan handuk yang lembut.

4. Aplikasikan lotion pelembab kulit secara merata. 

5. Meski cuaca mendung, hujan turun, dan matahari tertutup awan, bukan berarti ia tak bersinar. Ia tetap ada dan memancarkan sinar ultraviolet sepanjang siang hari. Jadi, jangan sesekali mengabaikan efek buruk sinar ultraviolet ini. Selalu gunakan tabir surya  dengan SPF, baik pada wajah maupun tubuh. Sesuaikan dengan waktu intensitas Anda beraktivitas di luar ruangan.

6. Usahakan untuk tidak melapisi wajah dengan alas bedak (foundation) tebal. Pasalnya, hal ini justru akan mengakibatkan pori-pori tak bisa bernapas. Semakin tertutup bahkan sulit beradaptasi dengan suhu sekitar.

7. Pastikan cadangan air dalam jaringan kulit cukup tersedia. Konsumsi air putih secara cukup untuk membantu menjaga kelembapan kulit Anda. 

8. Selain konsumsi air putih yang cukup, Anda diperkenankan untuk mencukupi asupan buah dan sayuran hijau. (Mayoclinic/*/OL-12)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar