Bookmark and Share

Hukum Islam Tentang Zina


Hukum islam tentang zina adalah perbuatan yang termasuk dalam dosa besar. Perzinaan adalah hubungan persetubuhan antara pria dan wanita yang tidak memiliki ikatan perkawinan yang sah menurut agama. Jangankan untuk berbuat zina, bahkan melakukan perbuatan yang mendekati zina juga dilarang dalam islam. Perzinahan adalah perbuatan yang dicela dalam agama islam. Dalam hukum islam tentang zina, mereka yang melakukan perzinahan akan dikenakan sanksi yang berat.

Hukum Islam Tentang Zina

Hukum islam tentang zina telah disebutkan sebagai suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. Hukum islam tentang zina tersebut sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Isra’; 32, yang artinya:
“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”.
Selain itu, hukum islam tentang zina sebagai perbuatan dosa yang akan mendapatkan siksa adalah sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al Furqon: 68, yang artinya:
“Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya).”
Oleh karenanya jauhilah perbuatan zina. Jangan sekali-kali mendekatkan diri pada perbuatan zina hukum islam tentang zina telah disebutkan dengan sangat jelas.

Bentuk Perzinahan

Perzinahan dapat dikategorikan dalam 2 bentuk, antara lain: zina muhshan, yakni perzinahan yang dilakukan oleh seorang laki-laki dan perempuan yang sudah pernah menikah dan zinah ghairu muhshan, yakni zinah yang dilakukan oleh seorang laki-laki dan perempuan yang belum pernah menikah.
Adapun hukum islam tentang zina muhshan adalah apabila terbukti maka pelaku perzinahan harus dihukum dirajam sampai mati. Mengenai pembuktian terjadinya perzinahan adalah harus dibuktikan dengan menghadirkan empat orang saksi yang memenuhi syarat, diantaranya adalah laki-laki dan seorang yang adil serta keempat saksi tersebut harus memberikan kesaksian yang sama tentang waktu dan tempat serta pelaku perbuatan perzinahan.
Hukum Islam Tentang ZinaDemikian artikel mengenai hukum islam tentang zina ini dibuat semoga bermanfaat bagi anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar