Senin, 15 April 2013

Atasi Pencemaran Lingkungan, Agung Ciptakan Bakteri Pemakan Minyak Tumpah


Dr Agung Dhamar Syakti (dok.pri)
Jakarta - Minyak yang tumpah ke lingkungan membahayakan alam dan manusia. Tidak sedikit warga terkena penyakit serius akibat tumpahan ini. Nah, Dr Agung Dhamar Syakti membuat bakteri yang bisa mengurai minyak yang tumpah ke lingkungan itu. 

Alhasil, temuan ini bisa menetralisir pencemaran lingkungan dengan cepat. Agung melakukan penelitian tersebut sejak 2008 di sedimen di Segara Anakan Cilacap, Jawa Tengah. Dosen Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah ini menguraikan bakteri megaterium dan bakteri aquimaris.

"Kedua bakteri itu termasuk dalam kelompok bakteri hidrokarbonoklastik yaitu bakteri yang mampu memanfaatkan senyawa hidrokarbon dalam minyak bumi sebagai sumber karbon dan energi bagi pertumbuhannya sehingga sering pula disebut sebagai bakteri ‘pengurai minyak'," kata Agung saat dihubungi detikcom, Jumat (5/4/2013). 

Mikroorganisme ini mampu menguraikan komponen minyak bumi karena kemampuannya mengoksidasi hidrokarbon. Selain itu juga mampu menjadikan hidrokarbon sebagai donor elektronnya sehingga mikroorganisme dapat memperoleh energi untuk hidup dan berkembang biak serta membentuk biomassanya.

"Kedua bakteri ini merupakan bakteri pembentuk koloni yang bersifat kosmopolit dan memerlukan syarat hidup yang sederhana, bersifat aerob dan fakultatif anaerob, sel nya berbentuk batang, mampu memproduksi katalase dan bersifat gram positif," jelas dosen Program Sarjana Perikanan dan Kelautan Unsoed ini.

Pemulihan lingkungan yang juga dikenal dengan biomederasi ini dapat dilakukan hingga kondisi lingkungan seperti kondisi awal sebelum kontaminasi ataupun pencemaran terjadi. 

"Hasil penelitian tim telah di publikasikan pada jurnal internasional yang sangat specialist dalam bidang bioremediasi, Bioremediation Journal (Taylor and Fran�is) akhir Februari lalu," pungkasnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar